-->

Apa yang kamu ketahui tentang kerongkongan? Jelaskan fungsi kerongkongan!

Apa yang kamu ketahui tentang kerongkongan? Jelaskan fungsi kerongkongan! (Contoh Soal Biologi Kelas XI Bab Struktur dan Fungsi Sel Penyusun Jaringan pada Sistem Pencernaan  ~ Biologi kelas XI SMA/MA). Pembaca semuanya, berikut ini kami sajikan contoh soal dan jawaban atau pembahasannya mata pelajaran biologi kelas XI. Pada postingan kali ini kita bahas soal bab Struktur dan Fungsi Sel Penyusun Jaringan pada Sistem Pencernaan.

Semoga bermanfaat dan membantu memberikan kemudahan adik-adik semuanya, khususnya kelas XI yang sedang belajar di rumah. Selamat membaca dan mempelajari, jangan lupa untuk berbagi kepada yang lainnya.

Apa yang kamu ketahui tentang kerongkongan? Jelaskan fungsi kerongkongan! 

1. Apa yang kamu ketahui tentang kerongkongan

Jawaban:

Kerongkongan (Esofagus) merupakan saluran panjang (± 25 cm) yang tipis sebagai jalan bolus dari mulut menuju ke lambung.

2. Jelaskan fungsi kerongkongan!

Jawaban:
Fungsi kerongkongan ini sebagai jalan bolus dari mulut menuju lambung.

Bagian dalam kerongkongan senantiasa basah oleh cairan yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar yang terdapat pada dinding kerongkongan untuk menjaga agar bolus menjadi basah dan licin.
Keadaan ini akan mempermudah bolus bergerak melalui kerongkongan menuju ke lambung. Bergeraknya bolus dari mulut ke lambung melalui kerongkongan disebabkan adanya gerak peristaltik pada otot dinding kerongkongan.

#

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter