-->

Jelaskan pengertian persatuan dan kesatuan serta pegertian persatuan Indonesia! Seperti apakah konsep kesatuan yang dianut oleh negara Indonesia? (Soal PPKn kelas 8 SMP/MTs)

Jelaskan pengertian persatuan dan kesatuan serta pegertian persatuan Indonesia! Seperti apakah konsep kesatuan yang dianut oleh negara Indonesia? (Soal PPKn kelas 8 SMP/MTs)Pembaca, ini adalah contoh Soal PPKn Kelas 8 Bab Kebangkitan Nasional 1908 Dalam Perjuangan Kemerdekaan (PPKn Kelas VIII SMP/MTs)Jauh sebelum kebangkitan nasional tahun 1908, banyak berdatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia. Awal mula kedatangan mereka adalah berdagang dan mencari rempa-rempa. Kemudian lama-kelamaan mereka ingin menguasai nusantara yang akhirnya melakukan penjajahan.
Selamat dan semangat belajar, semoga bermanfaat. Dan....jangan lupa berbagi sahre ke teman-teman, tetangga, dan yang lainnya. Cukup tombol share atau berbagi yang ada di bawah artikel ini. Bisa berbagi ke Twitter, Facebook, WhatsApp, dan lain-lainyya. Semoga manfaatnya semakin meluas.

Jelaskan pengertian persatuan dan kesatuan serta pegertian persatuan Indonesia!

Jawaban:Persatuan dan kesatuan itu berasal dari kata "satu" yang memiliki arti utuh dan tidak pecah belah.
Makna dari persatuan adalah terikatnya beberapa bagian menjadi sebuah satu kesatuan.
Adapun kesatuan mempunyai arti keadaan atau kondisi yang merupakan satu keutuhan.
Sedang persatuan Indonesia berarti persatuan bangsa yang tinggal di daerah Indonesia.

Seperti apakah konsep kesatuan yang dianut oleh negara Indonesia?

Jawaban:
Konsep kesatuan yang dianut oleh negara Indonesia meliputi aspek alamiah (konsep kewilayahan) dan aspek sosial (politik, sosial, budaya, ekonomi, pertahanan, dan keamanan). Kesatuan wilayah itu meliputi seluruh wilayah baik darat, laut, ataupun udara. Kebulatan ini sesuai dengan politik kewilayahan yang kita anut yaitu Wawasan Nusantara.

#

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter