-->

Boleh Tergesa-gesa Dalam Lima Perkara

Bacaan Paling Dicintai Allah 

Bacaan - bacaan yang sering kita baca seringlah tidak sesuai dengan apa yang dicintai Allah SWT. 

Imam Muslim meriwayatkan sabda Rasulullah SAW: 
"Ada empat bacaan yang paling dicintai Allah SWT dari mana saja mulai membacanya. Yaitu bacaan Subhaanallaah, Alhamdulillaah, Laa ilaaha illallaah dan Allaahu Akbar." 
image: pixabay.com

Buah Pengetahuan 

Sebagian orang bijak menyatakan, buah pengetahuan itu ada tiga. 
  • Pertama, merasa malu dari pandangan Allah SWT. 
  • Kedua, cinta terhadap hal-hal yang diridhai Allah. 
  • Ketiga, merasa senang dengan penghargaan Allah.

Datang Dan Pergi 

Seorang ahli hikmah (hukama) menulis dalam kata-kata hikmahnya: 
"Kedatangan kita di dunia, begitu keluar dari rahim ibunda, disambut senyum riang, bahkan gelak tawa. Semua orang terutama sanak saudara, bergembira ria; sedangkan kita menangis menjerit-jerit. 
Apakah kelak ketika kita meninggalkan dunia, keadaan akan tetap sama. Orang lain terbahak-bahak mengiringi kepergiaan kita. Mereka senang karena ketiadaan kita. Mereka merasa bebas dari kekejian dan kezaliman yang kita kerjakan selama hidup; sedangkan kita sendiri menangis, pedih-pilu karena tak punya amal kebaikan untuk bekal di akhirat dan takut menghadapi azab Allah. 

Alangkah baiknya apabila keadaan terbalik seratus delapan puluh derajat; ketika mati, senyum tersungging di bibir kita, karena optimis dengan amal kebajikan yang kita kerjakan tatkala hidup, akan menjadi modal menempuh alam kekal yang penuh rahmat dan ampunan Allah; sedangkan orang lain meratapi kepergian kita dan kebaikan kita." 

Da'wah Islamiyah 

Dakwah Islamiyah mengajarkan si bodoh agar mengerti, mengingatkan mereka yang lupa dan memperingatkan yang sombong agar rendah diri dan rendah hati. 

Kemudian memberi petunjuk kepada yang kafir agar beriman, dan yang musyrik agar bertauhid, yang bermaksiat agar bertaubat dan menjadi ahli ibadah, dan yang ahli bid'ah agar menjadi ahli sunnah. 

Dakwah Islamiyah yang membendung arus dakwah jahiliyah modern yang agresif dan destruktif dengan mempertahankan dan menyebarkan kebenaran. 

Karena itu, puncak dari dakwah Islamiyah ialah memindahkan manusia dari neraka ke surga.

Delapan Hiasan Indah 

Sayidina Abu Bakar as-Siddiq mengemukakan, ada delapan perhiasan indah bagi delapan hal lainnya: pantang meminta-minta merupakan hiasan si miskin; bersyukur merupakan hiasan bagi anugerah; sabar hiasan bagi musibah; santun hiasan bagi ilmu; banyak menangis hiasan bagi orang bertaubat; menyembunyikan kebaikan hiasan bagi kebajikan; dan khusyuk hiasan bagi orang shalat. 

Diperbolehkan Tergesa-Gesa 

Hathim al-Asham berkata, 
"Boleh berbuat tergesa-gesa dalam lima perkara yang merupakan sunnah Rasulullah SAW: menyediakan makanan bagi tamu yang menginap, menguburkan jenazah, menikahkan anak perempuan yang sudah baligh, membayar hutang jika sudah jatuh tempo dan bertaubat jika melakukan dosa."

#

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter