KAPAN RAGU-RAGU DIABAIKAN

KAPAN RAGU-RAGU DIABAIKAN

KAPAN RAGU-RAGU DIABAIKANRagu-ragu diabaikan dalam tiga keadaan:

1. Apabila ragu hadir setelah melakukan ibadah. 
2. Apabila sering sekali ragu-ragu (was-was). 
3. Apabila sekedar wahm (ragu-ragu kecil/sedikit). 

Tiga keadaan ini telah dikumpulkan oleh Syaikh Muhammad bin Sholih al-Utsaimin رحمه الله dalam Mandhumah Ushul Fiqih-nya hlm. 153

وَالـــــــــــــــــــــشَّــــــــــــــــكُّ بَـــــعْدَ الْـــــــــــــــــــــفِعْلِ لاَ يُـــــــــــــــــــؤَثِّرُ

وَهَكَـــــــــذَا إِذَا الـــــــــــــــــــــــشُّــــــــــكُوْكُ تَــــــــــــكْثُرُ

أَوْتَكُ وَهْـمًا مِــــثْـــــــــــلُ وَسْـــــــــــــــــــــــــــــــوَاسِ فَدَعْ

لِكُلِّ وَسْـــــــــوَاسِ يَـــــــــــــجِيْ بِـــــــــــــــــــــــــــــهِ لُـــــــــكَعْ

Dan ragu-ragu usai ibadah tidak berpengaruh 
Demikian juga apabila banyak ragu.
Atau hanya sedikit ragu seperti was-was
Maka tinggalkan segala was-was setan.


Sumber: 10 FAEDAH TENTANG QOWA'ID FIQHIYYAH oleh Ustadz Abu Ubaidah Yusuf As Sidawi

Update artikel dari blog ini langsung di email Andates:

0 Response to "KAPAN RAGU-RAGU DIABAIKAN"

Post a Comment