KAPAN RAGU-RAGU DIABAIKAN
KAPAN RAGU-RAGU DIABAIKAN - Ragu-ragu diabaikan dalam tiga keadaan:
1. Apabila ragu hadir setelah melakukan ibadah.
2. Apabila sering sekali ragu-ragu (was-was).
3. Apabila sekedar wahm (ragu-ragu kecil/sedikit).
Tiga keadaan ini telah dikumpulkan oleh Syaikh Muhammad bin Sholih al-Utsaimin رحمه الله dalam Mandhumah Ushul Fiqih-nya hlm. 153
وَالـــــــــــــــــــــشَّــــــــــــــــكُّ بَـــــعْدَ الْـــــــــــــــــــــفِعْلِ لاَ يُـــــــــــــــــــؤَثِّرُ
وَهَكَـــــــــذَا إِذَا الـــــــــــــــــــــــشُّــــــــــكُوْكُ تَــــــــــــكْثُرُ
أَوْتَكُ وَهْـمًا مِــــثْـــــــــــلُ وَسْـــــــــــــــــــــــــــــــوَاسِ فَدَعْ
لِكُلِّ وَسْـــــــــوَاسِ يَـــــــــــــجِيْ بِـــــــــــــــــــــــــــــهِ لُـــــــــكَعْ
Dan ragu-ragu usai ibadah tidak berpengaruh
Demikian juga apabila banyak ragu.
Atau hanya sedikit ragu seperti was-was
Maka tinggalkan segala was-was setan.
Sumber: 10 FAEDAH TENTANG QOWA'ID FIQHIYYAH oleh Ustadz Abu Ubaidah Yusuf As Sidawi
Post a Comment
Post a Comment