Jelaskan pengertian, tujuan, dan fungsi Wawasan Nusantara! (Soal PPKn kelas 8 SMP/MTs)

Post a comment
Jelaskan pengertian, tujuan, dan fungsi Wawasan Nusantara! (Soal PPKn kelas 8 SMP/MTs)Pembaca, ini adalah contoh Soal PPKn Kelas 8 Bab Kebangkitan Nasional 1908 Dalam Perjuangan Kemerdekaan (PPKn Kelas VIII SMP/MTs). Pada soal membahas tentang Wawasan Nusantara. Pengertian wawasan Nusantara, tujuan Wawasan Nusantara, dan fungsi dari wawasan Nusantara.
Selamat dan semangat belajar, semoga bermanfaat. Dan....jangan lupa berbagi sahre ke teman-teman, tetangga, dan yang lainnya. Cukup tombol share atau berbagi yang ada di bawah artikel ini. Bisa berbagi ke Twitter, Facebook, WhatsApp, dan lain-lainyya. Semoga manfaatnya semakin meluas.

✓Jelaskan pengertian Wawasan Nusantara!

Jawaban:
Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri serta lingkungannya berdasarkan Pancasial dan UUD 1945. Di dalam pelaksanaannya Wawasan Nusantara menegedepankan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan (perbedaan) demi tercapainya tujuan nasional. Perbedaan itu dipandang sebagai sebuah kekayaan bangsa dan wilayah Indonesia dipandang sebagai kesatuan wilayah. 

✓Sebutkan tujuan dari Wawasan Nusantara !

Jawaban:
Wawasan Nusantara mempunyai dua tujuan, yaitu:
1. Tujuan Nasional, yang bisa kita kihat di dalam Pembukaan UUD 1945

2. Tujuan ke dalam, yaitu mewujudkan kesatuan seluruh aspek kehidupan.

✓ Apa fungsi dari Wawasan Nusantara?

Jawaban:
Wawasan Nusantara memeiliki fungsi sebagaimana berikut ini:
1. Wawasan Nusantara berfungsi sebagai konsepsi ketahanan nasional

2. Wawasan Nusantara berfungsi sebagai wawasan pembangunan yang mencakup kesatuan politik, kesatuan ekonomi, kesatuan sosial dan ekonomi, kesatuan sosial dan politik, serta kesatuan pertahanan dan keamanan.

3. Wawasan Nusantara berfungsi sebagai wawasan pertahanan dan keamanan negara.

4. Wawasan Nusantara berfungsi sebagai wawasan kewilayahan.

#

Post a comment

Subscribe Our Newsletter