Baca Biar Tahu! Perempuan yang Sholat Joget-joget, Ini Lho Kisah Sebenarnya! Sebarkan!

Baca Biar Tahu! Perempuan yang Sholat Joget-joget, Ini Lho Kisah Sebenarnya! Sebarkan!

Jamak diketahui orang, sholat merupakan salah satu rukun Islam yang diperintahkan oleh Allah 'Azza wa Jalla lewat Kalam-Nya yang suci untuk dikerjakan oleh hamba-Nya. Wa aqiimush sholaah... Aqimis sholaah... Demikian perintah-Nya yang termaktub dalam Al-Quran Al-Karim yang berarti "Driikanlah/kerjakanlah shalat ...!"

Perintah sholat dalam al-Quran masih bersifat mujmal/global. Allah Subhaanahu wa Ta'alaa tidak merinci, menjelaskan tata caranya secara detail. Nah, disinilah Nabi Muhammad Shollallhu 'alaihi wa sallam sebagi Rasul atau utusan-Nya, menjelaskan dan merinci kaifiyah atau tata cara sholat lewat ucapan, perbuatan, dan ketetapannya.

Dalam satu riwayat hadits disebutkan, pernah Rasulullah Shollallahu 'alaihi wa sallam naik mimbar, kemudian sholat. Lengkapnya begini:

Rasulullah Shallahu 'alaihi wa sallam mengutus (seseorang) kepada Fulanah—seorang wanita yang telah disebut namanya oleh Sahl (bin Sa’d) radhiyallahu 'anhu—, “Perintahlah budakmu yang tukang kayu untuk membuatkan bangunan kayu untuk aku duduk di atasnya ketika aku berceramah di hadapan manusia.” Kemudian wanita itu memerintahkannya sehingga ia membuatnya dari tharfa’ (sejenis pohon cemara) di daerah al-Ghabah lalu dia bawa. Wanita itu mengutus seseorang untuk membawanya kepada Rasulullah Shallahu 'alaihi wa sallam. Rasulullah Shallahu 'alaihi wa sallam lalu memerintahkan agar mimbar tersebut diletakkan di sini. Setelah itu, aku melihat beliau shalat di atas mimbar tersebut. Beliau bertakbir di atasnya, kemudian ruku’ di atasnya, kemudian turun mundur lalu sujud di dasar mimbar. Setelah itu beliau kembali lagi. Setelah selesai, beliau menghadap kepada manusia lalu berkata, “Wahai manusia, aku melakukan hal ini hanya agar kalian mengikuti aku dan kalian mempelajari shalatku.” (Shahih, Muttafaqun ‘alaihi dari sahabat Sahl bin Sa’d radhiyallahu 'anhu)

Dalam riwayat yang lain Rasulullah pernah bersabda:

ﺻَﻠُّﻮﺍ ﻛَﻤَﺎ ﺭَﺃَﻳﺘُﻤُﻨِﻲ ﺃُﺻَﻠِﻲ

“Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat.” (HR. Al-Bukhari  dan Muslim)

Viral Kasus Sholat Seorang Ibu yang Sholat Seperti Sedang Pemanasan Menjelang Olahraga

Beberapa hari yang lalu, viral di media sosial tentang rekaman seprang ibu yang shalat tapi dengan tata cara yang asing bagi kaum Muslimin. Terlihat dalam viedo, si ibu shalat seperti layaknya orang yang sedang melakukan warming up atau pemanasan sebelum olah raga inti. Begitu diunggah, video tersebut menjadi viral dan dishare ke mana-mana tanpa tahu "kentang kimpule". Tidak tahu permasalahan sebenarnya! Rupanya ....

Tetapi, rupanya video perempuan yang 'sholat' dengan gerakan tak biasa, yang diunggah tanpa mengecek kebenarannya terlebih dahulu tersdbut punya sisi lain cerita yang banyak belum diketahui warga internet.

Adalah Ikatan Remaja Masjid Agung Palembang memberikan klarifikasi melalui laman Instagram @irmapalembang. Menurut pernyataan klarifikasi yang dibuat, pengurus Yayasan Masjid Agung Palembang mengatakan perempuan itu merupakan pengidap gangungan psikologis.

" Ibu di dalam video tersebut memang sering terlihat di Masjid Agung (Palembang) dan ibu itu sedang sakit, gangguan psikologis," tulis pernyataan klarifikasi itu.

Pengurus Masjid juga meminta agar masyarakat dan jemaah secara luas tidak menyebarkan video tersebut.

" Kami mohon untuk menahan diri untuk tidak memposting atau mem-viralkan karena dikhawatirkan akan menimbulkan fitnah," kata pernyataan itu.

Dari kasus wanita yang sholat "mantuk-mantuk" tersebut semoga menjadikan kita warga internet yang lebih hati-hati dalam menerima dan menyebarkan berita-berita viral. 

Wallahu a'lam bish-shawaab.

Update artikel dari blog ini langsung di email Andates:

0 Response to "Baca Biar Tahu! Perempuan yang Sholat Joget-joget, Ini Lho Kisah Sebenarnya! Sebarkan!"

Post a Comment