-->

Asbabun Nuzul Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 76

Asbabun Nuzul Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 76

وَإِذَا لَقُوا الَّذِينَ آمَنُوا قَالُوا آمَنَّا وَإِذَا خَلا بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ قَالُوا أَتُحَدِّثُونَهُمْ بِمَا فَتَحَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ لِيُحَاجُّوكُمْ بِهِ عِنْدَ رَبِّكُمْ أَفَلا تَعْقِلُونَ (76)


Artinya: Dan apabila mereka berjumpa dengan orang-orang yang beriman, mereka berkata, "Kami pun telah beriman." Tetapi apabila mereka berada sesama mereka saja, mereka berkata, "Apakah kalian menceritakan kepada mereka apa yang telah diterangkan Allah kepada kalian, supaya dengan demikian mereka dapat mengalahkan hujah kalian di hadapan Tuhan kalian. Tidakkah kalian mengerti?




Asbabun Nuzul Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 76


Ibnu Jarir meriwayatkan dari Mujahid, dia berkata, "Ketika perang Bani Quraizhah, Nabi berdiri di bawah benteng mereka seraya berkata, 'Wahai saudara-saudara kera, wahai saudara-saudara babi, wahai para penyembah thaghut!' Maka mereka berkata, 'siapa yang memberitahukan Muhammad tentang ini? Hal ini pasti berasal dari kalian. Apakah kalian mengatakan kepada mereka apa yang Allah terangkan kepada kalian agar mereka memiliki hujah untuk mengalahkan kalian?' Maka turunlah ayat tersebut."


Ibnu Jarir meriwayatkan dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas, dia berkata, "Jika mereka bertemu dengan orang-orang beriman, mereka berkata, 'Kami percaya bahwa kawan kalian itu adalah utusan Allah. Akan tetapi khusus bagi kalian.' Dan jika mereka mereka kembali kepada kawan-kawan mereka, mereka berkata, 'Apakah dia memberitahukan orang-orang Arab dengan hal ini? Karena sesungguhnya dulu kalian meminta bantuan kepadanya untuk mengalahkan mereka padahal dia adalah bagian dari mereka.' Maka turunlah firman Allah, 'Dan jika mereka bertemu...' (Al-Baqarah: 76)."


Ibnu Jarir meriwayatkan dari as-Suddi, dia berkata, "Ayat tersebut turun berkenaan dengan segolongan orang Yahudi yang beriman, kemudian mereka menjadi munafik dan berkata kepada orang-orang Arab yang beriman tentang siksaan yang dulu menimpa golongan mereka. Maka orang-orang Yahudi itu berkata kepada sebagian yang lain, 'Apakah kalian menceritakan kepada mereka tentang siksaan yang Allah hilangkan dari kalian agar mereka berkata, 'Kami lebih Allah cintai dan lebih Allah muliakan daripada kalian'.

#

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter