-->

Jelaskan awal mula kedatangan bangsa Eropa ke nusantara! (Soal PPKn kelas 8 SMP/MTs)

Jelaskan awal mula kedatangan bangsa Eropa ke nusantara! (Soal PPKn kelas 8 SMP/MTs). Pembaca, ini adalah contoh Soal PPKn Kelas 8 Bab Kebangkitan Nasional 1908 Dalam Perjuangan Kemerdekaan (PPKn Kelas VIII SMP/MTs)Jauh sebelum kebangkitan nasional tahun 1908, banyak berdatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia. Awal mula kedatangan mereka adalah berdagang dan mencari rempa-rempa. Kemudian lama-kelamaan mereka ingin menguasai nusantara yang akhirnya melakukan penjajahan.
Selamat dan semangat belajar, semoga bermanfaat. Dan....jangan lupa berbagi sahre ke teman-teman, tetangga, dan yang lainnya. Cukup tombol share atau berbagi yang ada di bawah artikel ini. Bisa berbagi ke Twitter, Facebook, WhatsApp, dan lain-lainyya. Semoga manfaatnya semakin meluas.

Jelaskan awal mula kedatangan bangsa Eropa ke nusantara!

Jawaban:

Bangsa Eropa yang pertama datang ke Indonesia dalah Portugis. Portugis pertama kali mendarat di Maluku pada tahun 1512 di bawah pimpinan Antinio d’ Abreau. Tatkala Portugis datang, di Maluku sedang terjadi persaingan antara Kerajaan Ternate dan Kerajaan Tidore. Portugis memanfaatkan keadaan tersebut untuk menguasai wilayah Maluku.

Kemudian setelah berlangsung beberapa lama, datanglah Belanda di bawah pimpinan Cornelis de Houtman. Tanggal 20 Maret 1602, Belanda mendirikan kongsi dagang yang diberinama VOC (Vereenigde Oost Indische  Compagnie yang berkedudukan di Batavia atau yang sekarang menjadi Jakarta. Inilah awal dari penderitaan rakyat Indonesia. Selama berdiri VOC mengeruk berbagai macam kekayaan yang ada di Indonesia untuk dimilikinya. Sedangkan rakyat Indonesia mereka suruh Kerja Rodi untuk memenuhi kebutuhan mereka.

#

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter