-->

Jelaskan mengapa bangsa Indonesia sulit mengalahkan para penjajah sebelum era kebangkitan Nasional 1908! (Soal PPKn kelas 8 SMP/MTs)

Jelaskan mengapa bangsa Indonesia sulit mengalahkan para penjajah sebelum era kebangkitan Nasional 1908! (Soal PPKn kelas 8 SMP/MTs)Pembaca, ini adalah contoh Soal PPKn Kelas 8 Bab Kebangkitan Nasional 1908 Dalam Perjuangan Kemerdekaan (PPKn Kelas VIII SMP/MTs)Jauh sebelum kebangkitan nasional tahun 1908, banyak berdatangan bangsa- Eropa ke Indonesia. Awal mula kedatangan mereka adalah berdagang dan mencari rempa-rempa. Kemudian lama-kelamaan mereka ingin menguasai nusantara yang akhirnya melakukan penjajahan.
Selamat dan semangat belajar, semoga bermanfaat. Dan....jangan lupa berbagi sahre ke teman-teman, tetangga, dan yang lainnya. Cukup tombol share atau berbagi yang ada pada artikel ini. Bisa berbagi ke Twitter, Facebook, WhatsApp, dan lain-lainyya. Semoga manfaatnya semakin meluas.

Jelaskan mengapa bangsa Indonesia sulit mengalahkan para penjajah sebelum era kebangkitan Nasional 1908!

Jawaban:

Perlawanan-perlawanan yang dilakukan bangsa Indonesia melawan penjajah sebelum kebangkitan nasional tidak membuahkan hasil yang diinginkan dan optimal dalam artian mengalami kekalahan, hal ini dikarenakan perlawanan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia pada waktu itu bersifat kedaerahan belum ada persatuan secara menyeluruh.

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa, bangsa Indonesia bangkit dan bisa mengusir para penjajah. Jelaskan apa yang melatar belakangi kebangkitan nasional dalam melawan penjajah!

Jawaban:

Kekalahan yang terus menerus ketika melakukan perlawanan terhadap para penjajah membuat bangsa Indonesia menyadari perlu adanya strategi yang baru dalam melakukan perlawanan terhadap para penjajah itu. Perlawanan tidak terus menerus dilakukan dengan perang yang banyak menimbulkan jatuhnya korban jiwa, tetapi melalui sebuah wadah yang diberi nama organisasi sehingga pada tanggal 20 Mei 1908 dibentuklah organisasi Budi Utomo sebagai sebuah organisasi yang mempelopori gerakan nasional Indonesia.

#

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter