-->

Jelaskan letak dan luas Benua Asia! (Soal IPS Kelas 9 SMP/MTs)

Jelaskan letak dan luas Benua Asia! (Soal IPS Kelas 9 SMP/MTs). Berikut ini adalah contoh soal essay Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs dan jawaban atau pembahasannya Bab 1 Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya. 
Contoh Soal IPS Kelas 9 SMP dan MTs, Contoh Soal Essay IPS Kelas 9 dan Jawabannya Bab 1 Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya (IPS Kelas 9 SMP/MTs), Jelaskan pengertian Pangea! (Soal IPS Kelas 9 SMP/MTs), Jelaskan pengertian benua? Berapa jumlah benua yang ada di bumi? (Soal IPS Kelas 9 SMP/MTs), Jelaskan letak dan luas Benua Asia! (Soal IPS Kelas 9 SMP/MTs)

Materi IPS Kelas 9 SMP dan MTs yang dipelajari pada Bab 1 tentang Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya meliputi:
•Kondisi geografis Benua Asia dan Benua lainnya (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora dan fauna) melalui peta rupa bumi

•Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)

•Sumber Daya Manusia: 
-jumlah, sebaran, dan komposisi; 
-pertumbuhan; 
-kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
-keragaman etnik (aspek-aspek budaya 

•Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Benua Asia dan Benua lainnya)


•Dampak interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk)

Soal: Jelaskan letak dan luas Benua Asia! (Soal IPS Kelas 9 SMP/MTs)

Jawaban/Pembahasan:


Benua Asia terletak pada 26º BT – 170º BT dan 11º LS – 80º LU. Hampir seluruh wilayahnya berada di belahan bumi utara (BBU). Hanya sebagian kecil pulau yang berada di belahan bumi selatan, termasuk Indonesia. Batas Benua Asia ialah Samudra Arktik di utara, Samudra Hindia di selatan, Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah di barat, serta dengan Selat Bering dan Samudra Pasifik di timur.


Benua Asia merupakan benua terluas di permukaan bumi. Luasnya mencapai 44.000.000 km2 atau seperempat luas wilayah daratan dunia atau empat setengah kali luas Benua Eropa. Wilayahnya membentang dari Turki di bagian barat sampai Rusia di bagian timur. Benua Asia juga meliputi Indonesia di selatan sampai Rusia di utara mendekati kutub utara. Dibandingkan dengan negara lainnya di Asia, maka Rusia adalah negara terluas di Benua Asia.

Demikian contoh soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9 SMP/MTs yang membahas tentang Letak dan Luas Benua Asia. Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya. Cukup tekan tombol share media sosial di bawah contoh soal ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Selamat belajar.

Baca soal IPS Kelas 9 SMP/MTs lainnya:

1. Jelaskan pengertian Pangea! Jawaban: KLIK SINI

2. Jelaskan pengertian benua? Berapa jumlah benua yang ada di bumi? Jawaban: KLIK SINI

3. Jelaskan letak dan luas Benua Asia! Jawaban: KLIK SINI

4. Terbagi menjadi berapa wilayah atau regionkah Benua Asia? Jawaban: KLIK SINI

5. Jelaskan tentang puncak tertinggi, bagian terendah, sungai terpanjang, dan danau terbesar di Benua Asia dan Benua Amerika! Jawaban: KLIK SINI

6. Jelaskan Kenapa Benua Amerika sering disebut sebagai Benua Merah sedangkan Benua Eropa dijuluki sebagai Benua Biru? Jawaban: KLIK SINI


7. Jelaskan secara singkat tentang letak, batas, dan luas Benua Amerika dan pembagian  kawasan atau regionnya! Jawaban: KLIK SINI

#

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter