ADAB KEPADA ALLOH

ADAB KEPADA ALLOH

ADAB KEPADA ALLOHSekarang mari kita masuki inti pembahasan kali ini, yaitu adab kepada Alloh. Jika ada yang bertanya mengapa topik ini perlu dibahas, kami jawab: bahwa masalah adab atau akhlak adalah masalah penting yang tidak bisa dianggap sepele, terlebih lagi adab kepada Alloh. Apabila sesama manusia kita dituntut untuk beradab, sopan santun, dan sebagainya maka tentu lebih utama lagi kita harus mempunyai adab kepada Alloh. 

Yang kedua, anggapan sebagian orang bahwa adab itu hanya kepada manusia, tentu ini adalah anggapan yang keliru, atau bahkan kita katakan kesalahan yang fatal, karena dengan demikian kita akan melalaikan hak terbesar yang harus diberikan oleh setiap insan kepada Penciptanya yaitu beribadah dengan mentauhidkan dan tidak menyekutukan-Nya.


Ibnul Qoyyim berkata:
"Maksud adab kepada Alloh adalah menegakkan agama-Nya, beradab dengan adab-adabnya secara zhohir dan batin. Tidaklah sempurna adab seseorang kepada Alloh kecuali dengan tiga perkara: mengenal nama dan sifat-sifat-Nya, mengenal agama dan syari'at-Nya, mengenal apa yang Dia cintai dan Dia benci dengan jiwa yang pasrah dan siap menerima kebenaran secara ilmu dan amal." (Madarijus Salikin 2/438, tahqiq Amir bin Ali Yasin). 

Lalu bagaimanakah beradab kepada Alloh?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "ADAB KEPADA ALLOH"

Post a Comment

Memuat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel